Monday, September 25, 2006

Pantesan enyakkk.....

hari sabtu kemaren, saya jalan2 bedua ma kakak saya. pengen beli segala macem. singkat cerita, pas udah sore berhubung kami berdua belon makan siang. jadinya laper bgt. rencananya mau makan di btc. tp sebelum ke btc, kakak saya mau beli loreal dulu di mahmud (blakang IP), soalnya harga disana murah, beda jauh sama yg di mal2 gt. nah pas baru keluar dari tempatnya, ada mbok2 yg nawarin sate ayu gitu (ket : sate ayu itu sebenernya ga beda jauh sama sate biasa cuma bedanya satenya dah dibumbuin dulu sebelum dibakar). berhubung saya lg pengen sate ayu trus susah nemu yg jualannya dan berhubung sate ayu itu enak bgt. dan yg plg penting adalah berhubung kami berdua sedang lapar :D

jadi kami pesenlah tuh sate ayu. klo kakak saya pesen yg sate ayamnya. saya mah pesen yg sate jandol-nya. trus kami tanya2 gt deh ke mboknya. ternyata tuh si mbok dah jualan sate slama 31 taon. gila ya lama bgt. trus ditanya knp kok msh dijualan. knp ga istirahat aja di rmh menikmati masa tua. soalnya si mboknya cerita anaknya tuh ada yg jadi tentara , kerja di bank. pas ditanya gt mboknya ngejwb "yah, neng ibu mah jualan buat olahraga aja. daripada diem trus di rmh. ini juga jualan ga banyak kok. lumayan aja buat jajan. jadi ga tergantung ma anak terus." hiks.... denger jawaban si mbok, sy jd terharu. kayaknya mang gt ya sikap orangtua. ga mau bergantung ato nyusahin anaknya.

back to sate ayu. kita flash back sedikit ya knp sy bisa suka sate ayu. saya pertama kali makan sate ayu tuh kira2 1taon yg lalu di daerah dalem kaum. dl saya ga tau sate ayu tuh kaya apa. kebetulan wkt itu sepupu sy lagi pengen sate ayu. trus beli yg kambing, jandol, ma ayam. pas sy tanya ke sepupu saya, jandol tuh apaan. sepupu sy jwb "jandol tuh gaji yg ga luntur". trus sy manggut2 aja. nah pas dah makan jandol.....rasanya enyyyyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak bgt. kaya otot campur gajih. tapi gajihnya ga ngejadel di mulut pas bis makannya. sejak saat itu sy slalu mengidam2kan sate jandol. soalnya bikin ketagihan sih. nah pas kemaren, iseng2 sy tanya lagi ke si mbok klo jandol tuh apaan. si mbok nya bilang gini "jandol tuh daging susu, neng"
JLEB. jadi slama ini sy makan toketnya sapi. hiaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa......
pantesan enak bgt tuh jandol.yah berhubung sy dah terlanjur suka, bodo amat dah. yg penting enak. pas dah tau pun, ga mengurangi kenikmatan saya melahap tuh jandol. huhuhu.....
tapi nih ya....pas sampe rumah, saya laporan ma tante saya. tp kata tante tuh jandol ya jandol bukan daging susu. entahlah mana yg benar. yg penting enyaaaaaak... :D

4 comments:

Anonymous said...

kalo di psuruan namanya 'sate komo'
sate yang terbuat dari organ sapi betina...
sebagai lauk untuk nasi rawon,,pecel,,ato bisa langsung dicampur ma nasi putih..

enak dehhh...

finyai said...

organ sapi betina tuh apa aja, mas?

Anonymous said...

Nyai..., mau nyobain sate ayu. Tapi ga mau jandol. Geuleuh. Mana ngomong jorok lagi si nyai. Dikasi ** napa..
Eh kamu perna nyobain coto makassar belum? Itu juga enak banget. Apalagi limpanya. Duh, jadi ngeces dah...

finyai said...

coto makasar sama sop konro sama ga sih? saya pernah bikin. tp pake daging iga. yg kuahnya item gitu bukan? klo iya, itu mah mang enak. apalagi iganya. berlemak bgt soalnya...yummy....