Tuesday, December 05, 2006

Semua untuk Cirebon

Judul yg aneh kan?
bukan karena narsis ato apa.

jadi ceritanya pas hr sabtu kmrn, stlh dari kampus ngerjain apbo, sy dijmpt ma kakak sy trus kami jalan2lah ke IP. rencananya mau cari2 spatu. stelah berkeliling keliling, ga dapet juga tuh spatu. trus pas mau turun ke bawah beli JCO, di depan ACE ada bursa buku gramedia. pas tanya2 ternyata 10rb bisa dapet 4 buku. terserah apa aja asal yg ada di situ. waduh ngiler kan. kapan lg ada buku 2500-an. tp dsana yg banyak majalah2 gitu. tadinya mau beli majalah komputer2 gitu tp taonnya dah taon kmrn, males bener kan?! trus ada juga buku2 cerita bergambar buat anak2. terlalu bgs untuk harga 2500. tp dipikir2 lg, sy kan blum punya anak. ponakan juga blum ada yg cukup besar hingga mampu membaca tuh cerita. sayang kan klo cuma ditumpuk akhirnya jd berdebu. fiuh.....tp masa sih ga beli. kan sayang2 tuh melewatkan momen murah gini. akhirnya setelah diuprek2 nemu juga tabloid RUMAH. sayangnya cuma ada 3 edisi. lumayan lah edisinya cuma beberapa bulan ke belakang. jadi ga terlalu jadul. tp karena hrsnya 10rb dpt 4, jadi mikir apa ya 1 laginya buat ngegenapin. stelah dikublek2 lg, ada suatu buku yg lumayan tipis tp judulnya itu lho yg bikin memicingkan mata "Semua untuk Cirebon" sub judul 'Kisah Prajurit Kancil dan Palagan Mandala'. He? ga salah nih judul. kok ada ya yg mau bikin buku kaya gini. penasaran ahirnya sy baca ringkasan ceritanya di belakang, ternyata tuh buku isinya tentang kisah perjuangan kemerdekaan di daerha Cirebon. karena merasa tertohok sbg antek cirebon murni tp ga tau kisah kepahlawanan disana, akhirnya diambil juga tuh buku.

setelah dibaca, isinya lumayan bagus. Saya jadi tau klo di daerah cerbon tuh ada desa Mandala. banyak kisah2 sejarah yg sy ga tau akhirnya jadi tau. tp sayangnya buku ini nyeritain kisahnya cuma kaya buku dokumenter. alurnya ga gitu bagus. tp makasih ya buat Bapak Marhayono yang dah bersedia nulis nih buku.

Nah, bagi kalian2 yg ga tau kisah perjuangan daerah masing2, coba beli deh buku kaya gitu. masa ngakunya orang Cirebon misalnya, tp ga tau kisah daerahnya kaya cerita asal usul kotanya dan sebagainya.

3 comments:

Anonymous said...

Buku Semua Untuk Cirebon, cerita tentang para pejuang cirebon dari pasukan Mahmud Pasha , yang sekarang banyak terlupakan. Banyak yg tidak tau sejarah bagaimana wong cerbon memerdekakan dirinya dari penjajahan. Mohon untuk di pahami falsafah dan subtansi dari buku tersebut, sehingga kita menjadi generasi yang tau tentang sejarah.Cirebon sekarang hancur secara moral dan mentalitas, apalagi sekerang di pi,pin oleh orang2 yang tidak mumpuni.
Thanks

Anonymous said...

Sorry lupa nyantumin identity :
Alan Pasha
djimboel@yahoo.com
08522.494.2929

Afiudin said...

Assalamu'alaikum... Salam kenal kangge Nok Fitri saking kula Afiudin jejaka saking bondet, saiki lagi ngerantau ning Lampung kangge nggoleti rizki Alloh SWT sing halal lan mebawa berkah. Kula asline cirebon lahir ting desa mertasinga kec. cirut (sekarang Gunung Jati - Red) Kab. cirebon. Semoga generasi muda cirebon tidak lupa atau lalai untuk menjaga Kota tercinta ini. Semoga Cirebonku tetap menjadi Kota Wali dan Kota santri. Amiinn...

emailku : afiudin_98@yahoo.com
plembungan_ijo@yahoo.com